Terkini
Loading...

Statistik

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews

Selasa, 18 Oktober 2016

Home » , » 8 Pohon Pisang yang Berbuah Paling Aneh di Dunia

8 Pohon Pisang yang Berbuah Paling Aneh di Dunia


Di dunia ini banyak bermunculan berbagai macam keunikan dan keanehan yang terjadi sebagai bukti dari kebesaran Tuhan. Salah satunya seperti yang terjadi:


Pisang berbuah nangka dan tandan sepanjang 2 meter


Sebatang pohon pisang batu atau kepok milik warga Jl Padat Karya 28 Kelurahan Lingkar Timur, Kota Bengkulu, tumbuh unik karena berbuah dengan tandan sepanjang lebih kurang dua meter.

Cici Kurnaisih (58) pemilik pohon pisang tersebutmengatakan pohon pisang yang ditanamnya tersebut berjenis pisang batu atau pisang kepok, namun setelah berbuah dengan tandan sepanjang lebih kurang dua meter ini malah mirip pisang raja sri.

“Sebelumnya saya berniat membuang jantung pisang tersebut karena selain dapat disayur dan tandannya cukup panjang, namun niat itu saya urungkan. Akhirnya begini jadinya setelah berbuah, tandannya hampir dua meter,” katanya.

Ia mengakui, ketika hendak memotong jantung pisang ini perasaannya tidak enak sehingga rencana membuang jantung ditunda hingga keesokan harinya. Sedangkan Yusila (39), anak Cici Kurniasih mengatakan, di antara buah pisang tersebut ada yang masak dan ketika diambil tiga buah dan mencicipi rasanya berbeda-beda ada yang manis seperti madu, ada yang asam, dan ada juga yang tawar. “Ketika diambil oleh anak saya tiga buah rasanya berbeda-beda,” katanya.

Ia mengatakan belum ada rencana jika buah pisang tersebut matang akan dimakan bersama keluarga dan dibagikan ke tetangga meski jumlahnya cukup banyak atau mencapai ratusan.


Berbuah di Batang


Aneh tapi nyata. Sebatang pohon pisang di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berbuah secara tidak normal.
Di Kenagarian Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, tandan buah pisang justru muncul dari tengah-tengah batang. Pemiliknya menyebut pisang ini dengan istilah "masak samalam", karena tidak memiliki jantung yang lazimnya akan berubah menjadi buah pisang.

Menurut pemiliknya Gadih, 40 tahun, kondisi buah pisang yang muncul di tengah batangnya itu, juga pernah terjadi dua tahun lalu.

Dalam kondisi normal, buah pisang muncul di pucuk terakhir dari daunnya. Tapi untuk pisang turun menurun tersebut, buahnya malah muncul di tengah-tengah batangnya.

"Pisang yan muncul itu, selain buahnya muncul di batangnya, ternyata juga tidak memiliki jantung, yang mana langsung buahnya yang keluar," ujar Gadih.

Menurutnya, tidak ada hak-hal gaib atau sebagainya yang terjadi pada dirinya dan sanak saudaranya semenjak munculnya pisang tersebut.


Buah Pisang Tumbuh ditengah - tengah batang


Desa Cinambo Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, sebuah pohon pisang berbuah tidak seperti lazimnya. Pohon pisang yang diketahui berjenis pisang nangka itu memiliki keunikan yakni dari bagian tengah-tengah batang pohon pisang tersebut telah keluar jantung bersama untaian sisir pisang.

Pohon Pisang Nangka “Ajaib” yang ditanam di sekitar halaman rumah milik Bapak Jumhadi itu sampai sekarang menjadi tontonan warga. Tidak sedikit warga yang sengaja datang ingin menyaksikan pohon pisang ajaib itu. Bahkan, kejadian fenomena seperti itu ada sebagian warga yang menafsirkan jika pohon pisang ajaib itu akan mendatangkan sebuah keberkahan atau keberuntungan. Sebab, menurut penuturan sejumlah warga, tumbuhnya jantung dan untaian sisir pisang dari bagian tengah-tengah batang pisang itu merupakan baru pertama kalinya terjadi.

Namun yang jelas fenomena alam yang terjadi seperti itu adalah merupakan Kehendak Dari Yang Maha Kuasa. Kita sebagai umat yang beragama harus yakin dan percaya kepada Kebesaran dan Keagungan Allah SWT, jika apa yang terjadi dalam kehidupan manusia dan terjadi pada alam semesta ini, tidak lepas atas Kehendak Dari Yang Maha Kuasa.


Buah di Tengah Batang


Penyimpangan unik kembali terjadi pada pohon pisang milik Reza, di Jalan Keramat Manjang RT I No 33, Barabai, Hulu Sungai Tengah. Jika biasanya buah pisang muncul dari pucuk batang bagian atas, kali ini keluar dari batang pohon bagian tengah.

Uniknya, bentuk tangkainya berkelok-kelok seperti ular, dengan buah sekitar 15 biji. Pemiliknya, Reza dan keluarganya baru menyadari keanehan pisang tersebut setelah keluar buah dari batang tersebut. “Setelah keluar menjadi buah kami baru melihat. Waktu masih tongkol tidak terperhatikan,”tutur Riza kepada BPost Online, Rabu (5/12/2012).

Pohon pisang jenis mahuli itu tumbuh di samping kiri rumah Reza, yang diberi pagar seng, sehingga luput dari perhatian orang. Apalagi, di sekitarnya juga tumbuh pohon pisang dan tanaman lainnya. Menurut Riza, pisang tersebut ditaman neneknya Sumiaati (65) sekitar enam bulan lalu. “Diketahui menyimpang dari kelaziman pisang lainya sekitar setengah bulan lalau,”katanya.

Keanehan pohon pisang yang sama pernah ditemukan di di Desa Limpasu, Kecamatan Limpasu, Hulu Sungai Tengah. Bahkan, tiga tongkol pisang sekaligus menyembul dari batangnya.Pohon pisang aneh itu pun akhirnya menjadi tontonan menarik warga setempat.


Buah pisang keluar dari pangkal batang yang telah di tebang


Berikut adalah beberapa pohon pisang yang aneh & langka. Sangat berbeda dengan pohon pisang pada umumnya. Ini semata mata karena kelainan atau ke ajaiban, semua tergantung pada individu masing-masing. namun memang bener-benar terjadi, bukan karena di buat-buat maupun rekayasa.


Berbuah 2 tandan


Pisang ini sunggu unik dan aneh, pasalnya memiliki dua buah jantung demikian juga dengan tongkol buahnya juga dua, pohon pisang ini diketahui oleh pemiliknya bernama Mas Udin, desa Ngrimpak Lowungu Bejen Temanggung. Banyak para warga yang penasaran dengan tumbuhnya pisang tersebut, tak pelak menjadi tontongan warga setempa, bahkan berita ini sampai ke kota sekitar.

Menurut sumber yang kami wawancarai pisang tersebut memang dari waktu keluar sudah memiliki dua buah jantung yang tumbuh bersama, pisang ini menurut cerita memiliki keanehan karena kalau malam hari sering ada yang bendengar suara anak anak kecil yang tertawa tawa di sekitar tumbuhnya pisang aneh tersebut.


Pisang bertandan banyak dan berbuah di tengah batang pisang


BENGKALIS (RP) - Kejadian tak lazim ditemui di Desa Bantan Air Kecamatan Bantan. Serumpun pisang dengan tiga pohon, berbuah banyak tandan. Anehnya lagi buah pisang tidak di bagian atas tapi di tengah pohon pisang. Wargapun tak henti-hentinya mendatangi tempat pisang dengan banyak tandan itu, karena merasa aneh melihat kejadian ini, dimana biasanya pisang hanya berbuah satu tandan setiap batangnya.

Bagi Abd Muniroh (37) si pemilik pisang, kejadian ini juga dirasakan sebagai suatu keanehan, karena selama ini ia menanam pisang belum pernah ditemui ada pisang yang dalam satu pohon berbuah banyak tandan. ‘’Saya tak tahu apa makna kejadian ini. Yang jelas ini memang kejadian tak lazim. Belum ada pisang yang berbuah banyak tandan dalam satu batang, baru kali ini terjadi,’’ ujarnya warga Desa Bantan Air KM 57 ini kepada wartawam, Ahad (30/9).

Menurut Muniroh, dia mengetahui pisangnya berbuah tandan banyak setelah mendengar ada sesuatu benda seperti meletup. Semula ada tampung air atau seng yang terjatuh. ‘’Pada puasa hari ketiga, malam hari saya mendengar ada suara meletup. Paginya saya periksa sekeliling rumah apa yang meletup itu, apakah ada tampungan yang jatuh atau seng. Rupanya pisang saya berbuah banyak tandan di bagian tengah batangnya bukan di ujung pohon. Saya bilang sama istri, rupanya suara meletup itu berasal dari pohon pisang yang mengeluarkan banyak tandan dari tengah pohonnya,’’ terang Muniroh.

Diceritakan Muniroh lagi, dia tidak pumya firasat apa-apa perihal pisangnya yang berbuah banyak tandan dan buahnya berada du bagian tengah batang. Namun istrinya Siti Nurul Aminah selalu bermimpi mendapat anak kembar tiga dan mimpi banjir.


Pisang pendek berbuah


Pangandaran: Warga Desa Pangandaran, RT 01/03, Kecamatan Pangandaran tepatnya di dekat eks Bioskop Nanjung, digegerkan dengan munculnya keanehan dan keajaiban pohon pisang. Pohon pisang ini memiliki ketinggian ± 50 cm, namun sudah berbuah.

Sepintas buah pisang terlihat seperti sengaja ditanam. Tapi, menurut Pak Salam si pemilik pohon pisang, Ia menanam sekitar 3 bulan yang lalu, tiba-tiba muncul jantung pisang dari dalam tanah.

Warga pun dibuat geger dan heran, sebab, selain tingginya hanya beberapa centimeter saja, pohon pisang tersebut sudah berbuah dan muncul dari dalam tanah, tidak seperti layaknya pohon pisang yang normal. Pak Salam menuturkan bahwa, tidak ada frasat apa-apa mengenai pohon pisangnya yang berbuah tidak wajar itu. Bahkan setelah kejadian ini, dia ingin merawat dan menjaga baik-baik pohon pisangnya tersebut.

Warga pun berharap agar kejadian tersebut bukan menjadi pertanda buruk bagi warga sekitar, namun menjadi pertanda bahwa keajaiban tersebut menunjukkan kebesaran Sang Pencipta.

(Lensa-Terkini/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this article :

Komentar Facebook ABNS

Join Komentar FB Bukhori Supriyadi Yadi

Bukhori Supriyadi Yadi

Author :

Setelah anda membaca artikel berjudul jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :