Terkini
Loading...

Statistik

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews

Selasa, 22 November 2016

Home » » Ciri Khusus Tumbuhan Putri Malu Dan Fungsinya

Ciri Khusus Tumbuhan Putri Malu Dan Fungsinya


Ciri ciri putri malu dan fungsinya / ciri khusus tumbuhan putri malu dan kegunaannya itu apa aja sih ?

Tuhan memang menciptakan suatu makhluk yang berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Jika didalami, tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia meski hanya makhluk kecil. Mungkin anda ingat ketika kecil dulu anda sering memainkan satu tumbuhan yang unik, yang ketika anda menyentuhnya akan mengatup seperti malu-malu. Karena hal tersebutlah tumbuhan itu diberi nama putri malu di Indonesia. Ada beberapa orang yang sampai saat ini masih sangat penasaran dengan tumbuhan ini, sehingga tidak jarang diantaranya mencari tahu tentang tumbuhan putri malu dan ciri khususnya.


Sebelum menelisik lebih jauh mengenai ciri khusus tumbuhan putri malu dan fungsinya, anda sebaiknya mengetahui hal-hal dasar tentang putri malu terlebih dahulu. Tanaman putri malu memiliki nama Latin Mimosa Pudica.


Kata Pudica pada nama Latin tumbuhan putri malu diberikan karena mengandung arti malu ataupun menciut, sehingga nama tersebut dirasa sangat cocok dengan tumbuhan ini. Putri malu ini termasuk dalam jenis tanaman perdu-perduan yang tubuhnya pendek. Adapaun ciri khusus tumbuhan putri malu beserta fungsinya yaitu :


Ciri Khusus Tumbuhan Putri Malu Dan Fungsinya

1. Memiliki Tangkai Berwarna Merah

Tidak seperti tumbuhan pada umumnya yang memiliki tangkai berwarna gelap, tumbuhan putri malu malah memiliki tangkai berwarna merah hati. Ketika tumbuhan putri malu sudah tua, tangkai tersebut akan berubah warna menjadi berwarna hijau mirip dengan daunnya. Tanaman putri malu ini sering dijumpai pada pinggir sungai bahkan di pekarangan rumah.


2. Refleks Mengatup

Ciri yang sangat khas adalah daunnya yang mengatup ketika tersentuh. Refleks ini sebenarnya terjadi karena adanya rangsangan yang menyebabkan tekanan turgor pada tulang daun yang berubah. Sebenarnya, tumbuhan putri malu juga akan mengatup setiap matahari terbenam, dan membuka kembali ketika matahari kembali terbit. Gerakan refleks putri malu ini merupakan gerakan seismonasti.


3. Memiliki Duri

Ciri khas lainnya dari tumbuhan putri malu adalah memiliki duri pada batangnya. Duri ini untuk melindungi tumbuhan putri malu itu sendiri dari hewan yang ingin menjadikannya sebagai makanan.


Pembahasan lain dari ciri khusus pada tumbuhan putri malu ini adalah, fungsi dari tumbuhan putri malu. Tumbuhan putri malu mengandung mimosin, tanin dan juga asam pipekolinat sehingga memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Fungsi dan khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan adalah sebagai berikut :


1. Mengobati Hepatitis

Siapa yang menyangka jika rebusan dari putri malu dapat mengobati penyakit hepatitis? Namun ternyata hal tersebut sudah terbukti. Caranya dengan merebus 10 gr putri malu dengan air selama 15 menit.

2. Mengobati Batuk

Rebusan dari putri malu juga ternyata mampu mengobati batu berdahak yang sangat mengganggu. Setelah direbus, minum airnya ketika sudah dingin.


3.Mengobati Insomnia

Menderita insomnia atau susah tidur memang tidak nyaman. Namun ternyata, tumbuhan putri malu dapat mengatasinya. Cukup rebus 50 gram tumbuhan putri malu dan minum airnya. Atau anda juga bisa menambahkan 15 gram sawi langit pada 15 gram putri malu serta 30 gram daun calincing, dan anda tinggal merebusnya. Jika anda ingin hasil yang optimal, anda harus mengkonsumsinya secara teratur.

Itulah beberapa ciri khusus tumbuhan putri malu dan fungsinya (ciri khusus putri malu dan manfaatnya) yang sebaiknya anda ketahui, sehingga apabila suatu saat anda membutuhkan obat untuk penyakit tersebut di atas anda bisa memanfaatkan tumbuhan di sekitar anda. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya anda tidak mengkonsumsi tumbuhan ini pada saat sedang mengandung, karena dapat memberikan dampak yang tidak baik pada kehamilan anda.

(Belajar-Berkebun/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this article :

Komentar Facebook ABNS

Join Komentar FB Bukhori Supriyadi Yadi

Bukhori Supriyadi Yadi

Author :

Setelah anda membaca artikel berjudul jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :